Penyebab Gagalnya Prosfek. Baiklah, sebagai penutup saya ingin mensharingkan beberapa tindakan
yang harus Anda hindari karena menghambat efektifnya presentasi.
- Over promote produk atau marketing plan
Misalnya, “Ini obat dewa, apapun penyakitnya dijamin lenyap dan tidak
akan kumat”. Atau,”Kalau Anda mencapai peringkat ini, Anda nggak
ngapa-ngapain, penghasilan minimal 2 jt per bulan”. Sikap bombastis seringkali membuat prospek meragukan Anda. Anda
tampak sebagai orang yang tidak obyektif dan berkesan ’memaksa’ prospek
untuk membeli/join. Tunjukkan fakta-fakta dengan jujur dan proporsional.Misalnya jika ada pertanyaan soal khasiat produk ,”Apakah dijamin
tidak akan kumat lagi?”. Tunjukkan kepada prospek, orang sehat saja bisa
sakit, apalagi orang sudah pernah sakit. Tidak menutup kemungkinan
kambuh lagi jika sikap dan perilaku yang menyebabkan penyakit tersebut
tidak diubah. Penjelasan Anda yang obyektif akan lebih diterima
sekaligus menunjukkan bahwa Anda profesional.Baca MLM TERBARU
- Menyerang kebanggaan orang terhadap produk lain
Kadangkala prospek Anda pernah atau sedang menggunakan produk
kesehatan yang lain dan menunjukkan khasiatnya kepada Anda. Banyak
distributor yang merasa harus ’menang’. Sehingga langsung menceritakan
kehebatan atau kelebihan produk Tianshi dibandingkan produk yang dipakai
oleh prospek. Anda tahu akibatnya? Anda bisa memenangkan pembicaraan,
tapi orang tersebut tidak akan belanja atau bergabung. Mengapa? Sadari,
pada saat Anda ’menyerang’ produk lain yang dipakai prospek, Anda tidak
sedang menyerang produk itu, tetapi menyerang keputusan prospek untuk
menggunakan produk itu. Jelas orang bisa tersinggung.
Jauh lebih baik jika Anda memuji pilihan prospek tersebut. Saya
pernah bertemu dengan prospek yang membanggakan produk lain dari Cina
juga. Meskipun saya baru pertama kali melihat, saya pura-pura tahu aja.
Saya bilang,”Wah ini memang luar biasa Pak, bungkusnya aja bagus sekali.
Teman saya juga ada yang pernah pakai ini dan hasilnya bagus. Tapi
setelah dikombinasi dengan cordysep hasilnya lebih luar biasa lagi Pak”.
Akhirnya, mau juga bliau coba. Setelah pakai, langsung join dan dalam 2
bulan belanja lebih dari 5 juta. Kebetulan, istri dan anaknya juga
membutuhkan produk.
- Membayarkan prospek untuk bergabung
Saat di awal, biasanya kita semangat sekali kalau prospek ada
tanda-tanda mau join. Sekaligus khawatir kalau dia join sama orang lain.
Akhirnya kita mencari cara untuk ’mengamankan’ salah satunya dengan
membayarkan biaya pendaftaran. Bahkan ada juga yang membiayai belanja
produknya.Hati-hati, Anda baru boleh yakin prospek betul-betul mau bergabung
jika telah menunjukkan pengorbanan. Kalau baru ngomong saja, tidak ada
jaminan. Jadi jangan sekali-kali membayarkan. Kasian uang Anda.
Kebanyakan mereka yang dibayarkan ternyata tidak mau menjalankan bisnis
ini.
Kalau prospek bilang mau join tapi belum ada uangnya, Anda bilang
aja”Ok, DP nya dulu berapa yang ada buat tanda jadi, sudah bisa saya
daftarkan”. Anda terima duitnya tapi tidak usah didaftarkan. Anda bilang
aja,”Sudah saya daftarkan, stater kit dan kartu anggota bisa diambil
setelah lunas”. Kalau dia melunasi, baru benar-benar daftarkan. Tapi
kalau batal bergabung, kembalikan uangnya.
Penyebab Gagalnya Prosfek. Bagaimana kalau tidak ada uang sama sekali? Ga papa, bawa aja
formulirnya dan bilang seperti tadi. ”Sudah didaftarkan dan stater kit
bisa diambil kalau sudah bayar”. Kalau prospek itu sungguhan ingin join,
dia sudah punya ikatan moral dengan Anda. Dia khan tidak tahu kalau
Anda belum mendaftarkan. Yang penting Anda tidak merugikan orang lain,
sekaligus jangan sampai merugikan diri sendiri.
- Menjanjikan ’masangin’ downline dan dijamin sukses
Semua orang tahu, bahwa untuk sukses harus kerja keras. Penawaran
Anda yang terlalu menyederhanakan membuat orang malah tidak yakin.
Kalaupun ada yang percaya kepada Anda, dapat dipastikan, orang tersebut
tidak akan membangun bisnisnya. Tidak ada manfaatnya buat bisnis Anda
dan juga bisnis dia.
- Menjelekkan multilevel lain
Anda pasti pernah ketemu dengan prospek yang membandingkan dengan
multilevel lain. Betul khan? Anda boleh-boleh saja membandingkan,
menunjukkan fakta dan data yang ada secara objektif. Namun jangan
sekali-kali dengan bumbu multilevel lain jelek. Semakin banyak Anda
menceritakan kejelekan multilevel lain, sebetulnya prospek akan melihat
semakin banyak kejelekan Anda. Dan yang lebih penting lagi, Anda
menciptakan suasana negatif. Prospek tidak akan merasa nyaman.
Tapi kalau yang prospek bandingkan ternyata adalah money game, arisan
berantai atau skema piramid lainnya yang menipu. Anda boleh tunjukkan
bahwa mereka illegal dan sangat merugikan masyarakat. Anda bisa minta penjelasan tentang bedanya multilevel marketing dengan
money game.
- Tidak jujur mengundang atau janji temu
Sebagian distributor tidak PD dan sudah berpikir negatif saat
mengundang. Mereka khawatir kalau mengundang untuk pertemuan bisnis,
orang pasti tidak mau. Karena itu mereka mengundang dengan alasan acara
makan-makan, memanfaatkan pertemuan arisan dsb.
Saat pertemuan, prospek ’kaget’ kok acaranya menawarkan bisnis?
Mereka merasa Anda tidak jujur. Kalau sudah begini, jangan harap mereka
percaya kepada presentasi Anda.
Penyebab Gagalnya Prosfek OK, yang penting dari segalanya adalah Anda selalu yakin bahwa presentasi ANDA akan CLOSING….
Baca MLM TERBARU
Baca MLM TERBARU