Ungkap Rahasia Penyebab Kegagalan Bisnis

Sebagaimana dunia bisnis pada umumnya, bisnis online maupun bisnis offline pun tidak serta merta dapat memberikan perubahan hidup dengan penghasilan puluhan ribu USD dalam waktu sekejap. Apalagi secara instant mampu membuat Anda menjadi kaya raya sebagaimana banyak kita temui pada kebanyakan sales letter jualan. Selain dibutuhkan konsep dan framework bisnis yang tertata, Anda juga harus mengenali hal-hal yang cenderung dapat menyebabkan Anda Gagal dalam BISNIS . Terlebih bagi para pemula yang masih meraba-raba atau bahkan belum terjun ke dunia ini secara lebih jauh
.
Berikut Penyebab Gagalnya saat terjun ke dalam bisnis :

1. Salah dalam Perencanaan
Tidak peduli apa jenis bisnis yang Anda jalankan, Anda jelas membutuhkan rencana bisnis dengan tujuan yang jelas. Buatlah peta rencana jangka pendek dan jangka panjang ? Tak lupa rumuskan langkah-langkah praktis untuk merealisasikan rencana tersebut.

2. Keliru Pelaksanaan Program kerja
Jika Anda sudah memiliki rencana bisnis serta langkah praktis program kerja, maka pastikan Anda untuk mengikutinya? Rencana tidak akan berarti apa-apa jika Anda tidak mengikutinya. Monitor secara berkala dan lakukan revisi jika perlu.

3. Target Awal yang Terlalu Besar
Hal ini menjadi salah satu penyebab yang jarang disadari.  Kebanyakan orang, ketika akan memulai bisnis cenderung langsung menentukan target awal yang terlalu besar tanpa perhitungan. Padahal parameter internal dan eksternal belum dipetakan dengan baik, tapi sudah berani memasang target terlalu tinggi.

4. Minimnya Pengetahuan
Anda wajib dan harus punya pengetahuan pada apa yang akan Anda kerjakan. Tidak harus menguasai semua, tapi Anda wajib untuk mengetahui bidang yang sedang Anda kerjakan. Hal ini bisa diperoleh dengan mencari course terkait ataupun mencari mentor yang bersedia membantu Anda. Bukan yang justru akan menipu dan memanfaatkan Anda

5. Tidak Berinvestasi dalam Bisnis
Adalah sebuah fakta bahwa di dunia ini, segala sesuatu yang mempunyai value lebih tentu akan mempunyai harga. Namun bukan berarti bahwa segala sesuatu yang gratis itu tidak baik. Hanya saja sangat sering saya dapati bahwa tools dan atau aplikasi terbaik hanya dapat diperoleh dengan sejumlah dana. Sehingga, tugas Anda adalah menginvestasikan dana pada tools dan atau aplikasi yang tepat.

6. Bersikap Terlalu Pasif atau Terlalu Aktif
Ketika bisnis sudah berjalan, maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan produk. Meskipun Anda mempunyai produk terbaik di dunia, tanpa promosi yang baik, maka tidak akan ada satu orang pun yang akan tahu tentang produk tersebut. Apalagi mengkonversinya menjadi transaksi jual beli.Begitu pula jika terlalu aktif, maka akan membuat tidak nyaman para calon pelanggan potensial Anda. Alih-alih menjadi simpatik, spamming hanya akan merusak citra brand dan nama baik Anda. Lakukan promosi secara elegan.

7. Kurangnya Kesabaran
Anda tidak akan membuat ratusan juga pada bulan ketika Anda baru mulai pertama melangkah. Dibutuhkan waktu dan ujicoba untuk membangun bisnis serta meningkatkan konversi Anda. Pada awalnya, Anda mungkin akan benar-benar menghabiskan sekian banyak modal. Dan ini adalah masa di mana banyak pada pebisnis yang menyerah tanpa memberikan waktu bagi bisnis mereka untuk tumbuh.

8. Salah dalam Memilih Niche
Ketepatan dalam memilih niche dan pasar spesifik adalah keharusan. Cari niche yang tepat serta pelajari channel pemasarannya. Jangan sampai Anda menciptakan produk baru kemudian mencari pasarnya atau mempelajari cara memasarkannya. Sehingga sudah bisa dikalkulasikan potensi revenue pada bulan pertama.

9. Monoton dan Tidak Ada Keunikan
Salah satu kesalahan yang cukup banyak terjadi adalah tidak adanya diferensiasi produk. Terlebih bagi Anda yang bermain di pasar yang padat pesaing. Amati pesaing, cari celah untuk inovasi, dan jual value pembeda itu. Keluarlah dari kerumunan agar mendapatkan perhatian.

10. Kurangnya Komitmen
Untuk menjadi sukses, Anda harus berkomitmen untuk sukses. Di balik setiap kisah sukses orang lain, pasti ada ribuan jam kerja yang mereka korbankan serta dedikasi tinggi yang mereka keluarkan

Ungkap Rahasia Penyebab Kegegalan Bisnis

Tindakan yang harus dilakukan agar tidak terjadi kegagalan

Kondisi perusahaan yang mengalami keadaan stagnasi dapat membuat sebuah bisnis menjadi tidak berkembang. Hal ini bisa terjadi, akibat kreativitas dan inovasi yang tidak berkembang mengakibatkan keadaan perusahaan mengalami stagnan. Masalah stagnasi dalam bisnis adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengusaha. Kondisi seperti ini jika tidak segera diperbaiki, maka lama-kelamaan akan menganggu kesehatan bisnis anda. Bisnis Anda akan tertinggal jauh, kompetitor yang kian melesat, dan konsumen yang beralih pada kompetitor. Agar hal ini tidak terjadi, berikut tipsnya:

1. Evaluasi
Mereview atau mengevaluasi semua kegiatan usaha dalam satu bulan terakhir. Apakah dalam periode tersebut ada kesalahan kebijakan yang anda ambil, apakah ada bagian dalam bisnis yang tidak sehat, dan apakah semua proses sudah dijalankan sesuai standar operasional.

2. Identifikasi masalah
Dari hasil evaluasi yang sudah dilakukan, maka anda dapat menemukan pokok masalah yang terjadi pada bisnis anda. Identifikasikan critical point yang menjadi penyebab kemandekan, apakah dari faktor internal atau eksternal. Dengan mengidentifikasi masalah ini maka anda dapat menentukan langkah yang harus diambil untuk mengatasinya.

3. Review strategi pemasaran
Lihat kembali strategi pemasaran Anda, apakah masih relevan dengan kondisi saat ini atau harus dirombak. Perkembangan bisnis, terlebih pemasaran produk juga dipengaruhi oleh ketepatan strategi pemasaran yang Anda buat. Jika diperlukan Anda bisa membuat survei mengenai perubahan perilaku konsumen agar anda bisa membuat strategi yang tepat sasaran.

4. Kaji ulang system
Anda harus mengkaji semua sistem yang diterapkan dalam bisnis anda. Apakah sistem yang diterapkan masih applicable untuk bisnis anda? Apakah sistem tersebut mendukung adanya inovasi? Bagaimana efektivitas dan efisiensi sistem tersebut? Dengan terus menggali pertanyaan-pertenyaan demikian, maka anda dapat menemukan jawaban-jawaban yang dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kemandekan.

5. Merekrut orang yang tepat
Jika kondisi bisnis anda sudah parah atau akut di mana tidak ada perkembangan sama sekali dan justru mengalami kemunduran, maka jika tidak segera mendapatkan solusi akan mengancam kelangsungan bisnis anda. Merekrut orang yang tepat dalam artian memiliki pengalaman dalam meng-handle bisnis yang stagnan dan memiliki visi serta ide yang baru dan inovatif akan sangat membantu meningkatkan kinerja bisnis anda.

6. Tindakan pencegahan
Melakukan tindakan pencegahan jauh lebih baik daripada mengobati. Berdasarkan hasil evaluasi yang anda lakukan dan critical point yang ditemukan, maka anda dapat menentukan tindakan pencegahan untuk masing-masing poin memiliki potensi terjadi masalah.

Ungkap Rahasia Penyebab Kegegalan Bisnis diambil dari beberapa sumber, semoga bermanfaat dan menjadi anda sukses.

Share:

Total Pageviews